Sambutan Ketua Program Studi Teknik Lingkungan

Sambutan Ketua Program Studi Teknik Lingkungan

Pramiati Purwaningrum, ST., MT

Ketua Program Studi Teknik Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL, Universitas Trisakti.

Permasalahan lingkungan global yang dihadapi pembangunan nasional saat ini sangat beragam, mulai dari permasalahan domestik (ketersediaan air bersih, sampah, drainase, air limbah domestik), kerusakan dan berkurangnya sumberdaya lingkungan (kerusakan atmosfir, kerusakan lapisan ozon, kerusakan dan berkurangnya sumberdaya hutan, berkurangnya keanekaragaman hayati, pencemaran dan berkurangnya sumber daya air) hingga penurunan kualitas hidup.

Agenda pembangunan berkelanjutan yang baru dibuat untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata. Agenda 2030 terdiri dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGD) atau Tujuan Global, yang akan menjadi tuntunan kebijakan dan pendanaan untuk 15 tahun ke depan (2030). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.

Sarjana Teknik Lingkungan sangat diperlukan untuk berperan dalam mengatasi masalah air minum (kualitas, kuantitas dan kontinuitas) dan sanitasi (khususnya air buangan dan persampahan) di lingkungan permukiman perkotaan dan pedesaan. Saat ini akses rumah tangga di perkotaan terhadap air minum perpipaan hanya 30,8% (tahun 2006) sedangkan akses rumah tangga di perkotaan terhadap fasilitas sanitasi yang layak 70%. Pengelolaan persampahan yang tidak memperhatikan lingkungan (open dumping) di hampir seluruh kota di Indonesia, makin meluasnya wilayah tergenang di perkotaan akibat sistem drainase yang buruk, serta pengelolaan lingkungan bekas pertambangan umum juga merupakan tantangan dan kesempatan bagi sarjana Jurusan Teknik Lingkungan. Selain itu lingkungan perkotaan juga menghadapi persoalan pencemaran udara yang membutuhkan sarjana Teknik Lingkungan.

Program Studi Teknik Lingkungan FALTL Universitas Trisakti bertujuan menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dan keahlian teknik dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara sistematis dan terpadu, berdasarkan penguasaan ilmu di bidang kerekayasaan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan untuk menjamin bahwa pembangunan yang dilakukan tidak merusak lingkungan.

Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Lingkungan adalah lulusan yang mampu mengembangkan diri menjadi disainer, peneliti, akademisi pada bidang infrastruktur lingkungan, manajemen lingkungan dan manajemen K3.

Melihat demikian besar peluang kerja di bidang Teknik Lingkungan, sudah selayaknya generasi muda berperan serta mengambil bagian dalam mengisi pembangunan yang berkelanjutan dengan mempersiapkan diri melanjutkan studi di jurusan Teknik Lingkungan.

Semoga Allah SWT, selalu melimpahkan rahmat dan perlindungan bagi kita semua.