Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL, Universitas Trisakti bertujuan menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dan keahlian teknik dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara sistematis dan terpadu, berdasarkan penguasaan ilmu di bidang kerekayasaan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan, untuk menjamin bahwa pembangunan yang dilakukan tidak merusak lingkungan. Kurikulum yang diterapkan saat ini mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang berdasarkan Outcome Based Education (OBE), yang merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh seseorang dari pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja dan pembelajaran mandiri.

SPESIFIKASI PROGRAM

Program Studi Teknik Lingkungan menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA atau MA Jurusan IPA, atau dari SMK teknik. Mahasiswa harus menyelesaikan 144 sks dengan menempuh pendidikan berskema penuh waktu selama 8 semester (4 tahun) untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST).

PROFIL PROFESIONAL MANDIRI

Lulusan yang mampu mengembangkan diri menjadi disainer, peneliti, akademisi pada bidang infrastruktur lingkungan, manajemen lingkungan dan manajemen K3.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti telah menetapkan 9 (Sembilan) Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.
  2. Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan.
  3. Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan.
  4. Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya.
  5. Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis.
  6. Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
  7. Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan.
  8. Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa.
  9. Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) diatas sudah sejalan dengan Visi Misi Universitas dan disusun berdasarkan KKNI, Bakerma-TL dan masukan dari Stakeholders.

Capaian Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tahun 2021 adalah :

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. konsep teoretis sains alam, ilmu lingkungan, dan aplikasi matematika rekayasa secara umum;
  2. konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan yaitu proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan;
  3. prinsip, metodologi dan teknik perancangan sistem pengelolaan lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi;
  4. konsep dan prinsip pelestarian lingkungan;
  5. konsep dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium dan di lapangan;
  6. prinsip dan isu terkini dalam ekonomi dan sosial budaya secara umum;
  7. konsep umum, prinsip dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik; dan wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa lingkungan.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Khusus

  1. mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi model rekayasa lingkungan;
  2. mampu menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan, minimal pada aspek proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan; berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik dan kelestarian lingkungan, meliputi kemampuan :
    • mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis dan menemukan sumber masalah rekayasa lingkungan;
    • mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan;
    • merancang dan mengoperasionalkan sistem dan proses pengelolaan lingkungan, pengelolaan lingkungan (meliputi pengelolaan air minum, air limbah, persampahan, drainase permukiman, sistem pengendalian limbah cair, padat dan gas, pengendalian pencemaran udara) sesuai standar teknis keandalan, kemudahan penerapan, dan keberlanjutan;
    • memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa yang paling sesuai, efektif dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa lingkungan.
  3. mampu menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia dalam melaksanakan pekerjaan; dan
  4. mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah.

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  11. menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil
  12. menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti;
  13. menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat.