KIC

Pembangunan yang berkelanjutan dengan memperhatikan pelestarian lingkungan di masa sekarang dan akan datang, masih belum dipahami secara baik dan belum menjadi gaya hidup di masyarakat luas. Jurusan Teknik Lingkungan memiliki tanggung jawab dalam upaya menyebarluaskan pemahaman peduli lingkungan tersebut dengan memberi perhatian khusus bagi pendidikan lingkungan, terutama bagi generasi muda di luar mahasiswa Universitas Trisakti.

KNOWLEDGE, INNOVATION and COLLABORATION PROGRAM (KIC) merupakan  program yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat luas pada umumnya dan generasi muda pada khususnya agar termotivasi untuk selalu belajar mengekplorasi pengetahuan, untuk menemukan inovasi-inovasi baru dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan serta melestarikan lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan yang berkolaborasi dengan para generasi muda penerus bangsa

Disamping itu dalam rangka mempertahankan keberlanjutan jumlah mahasiswa yang mengikuti proses pendidikan, serta meningkatkan mutu calon mahasiswa maka perlu dilakukan upaya yang terus menerus untuk memperkenalkan keberadaan Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Trisakti agar dapat meningkatkan animo menjadi calon mahasiswa untuk memilih Jurusan Teknik Lingkungan, FALTL, Universitas Trisakti sebagai jenjang pendidikan lanjutan. Peningkatan animo calon mahasiswa akan meningkatan mutu seleksi

Salah satu hal yang terpenting dalam kemampuan menginspirasi masyarakat luas, adalah “komunikasi”. Inspirator memerlukan kemampuan menjadi trendsetter, bukan hanya followers. Seseorang yang mampu meningkatkan kapasitas dirinya dan mengembangkan energi positif bagi lingkungan di sekitarnya dapat menjadi Trendsetter serta menjadi role model dalam keseharian. Selangkah lagi, Bila ditambah dengan kemampuan untuk menyelaraskan kerjasama dengan lembaga/mitra lain maka kegiatan ini sekaligus mampu mengantarkan generasi muda tersebut menjadi seseorang pemimping penerus bangsa.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan  ini bertujuan untuk :

  1. Membentuk figur generasi muda yang memiliki kemampuan menginspirasi masyarakat luas, agar lebih memperhatikan aspek kelestarian dalam pembangunan dan pemanfaatan sumberdaya alam.
  2. Memberikan bekal kepemimpinan bagi para generasi muda pecinta lingkungan
  3. Meningkatkan animo siswa SMA terhadap Jurusan Teknik Lingkungan sebagai pilihan bidang studi di jenjang pendidikan tinggi
  4. Meningkatan mutu seleksi calon mahasiswa
  5. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan alumni dan institusi

Knowledge, Innovation, and Collaboration Program (KIC) terbagi menjadi 2 kegiatan yaitu :

  1. Youth Environmental Leadership Program yaitu kegiatan workshop yang memberikan pelatihan kepada peserta untuk menjadi inspirator / trandsetter/ pemimpin bagi masyarakat luas, agar lebih memperhatikan aspek kelestarian dalam pemanfaatan sumberdaya alam dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan .
  2. Enviro Awards sebagai rasa tanggung jawab generasi muda terhadap komunitas dari masing-masing peserta.

Kegiatan Knowledge, Innovation, and Collaboration Program  yang sudah dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL USAKTI sebagai berikut :

1. 1st Knowledge, Innovation, and Collaboration Program (KIC) Tahun 2016

 

Selengkapnya dapat dilihat disini