TENTANG KAMI

button-twitter.png button-facebook.png

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS), yang dapat didefinisikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan satuan kredir semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, pengalaman belajar mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program.

Semester merupakan penggal waktu yang berkelanjutan dimana mahasiswa belajar dengan sejumlah beban sks yang telah direncanakan pada awal semester, sehingga mahasiswa dapat lebih flexible dalam pengaturan lama studi sesuai dengan keaktifannya.

Untuk menyelesaikan pendidikan Sarjana Strata Satu (S1) mahasiswa wajib menempuh beban kredit = 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester, maksimal 14 semester..

Dalam setiap semester diatur jadwal pelaksanaan kegiatan akademik 14 sampai dengan 16 minggu tatap muka/kuliah, selain pelaksanaan  perkuliahan dan praktikum, dalam masa ini dilakukan kegiatan pendukung akademik lainnya, juga kegiatan penilaian atau evaluasi.


PROFIL LULUSAN
Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti hingga saat ini terserap di berbagai sektor, terutama di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Perusahaan Daerah baik Air Minum maupun Air Limbah, sektor swasta seperti perusahaan atau industri yang memiliki departemen Safety, Health and Environment (SHE), konsultan dan kontraktor terkait bidang teknik lingkungan.

Analisis profil bermuara pada kepentingan pengembangan keilmuan dan/atau pengembangan kemampuan khusus. Profil dan profesi lulusan program studi telah dibahas dalam organisasi profesi Ikatan Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI). Profil lulusan Prodi Teknik Lingkungan yang memiliki kompetensi dalam lingkup bidang yang mencakup bidang penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, pengelolaan limbah cair, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, pemulihan kerusakan lingkungan, dan drainase. 

Profil lulusan Program Studi Teknik Lingkungan adalah sebagai:
1. Peneliti (Bidang Manajemen Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan (air, udara, tanah)]
2. Perencana/Pengawas (Bidang  Infrastruktur Lingkungan: Penyediaan Air Minum, Sistem Penyaluran Air Limbah & Drainase, Pengelolaan Sampah, Pemrosesan Akhir Sampah, Pengelolaan Air Limbah)
3. Penyelia/Supervisor (Bidang Infrastruktur Lingkungan dan Perencanaan Teknik Pengelolaan Lingkungan)
4. Perencana Manajemen Lingkungan dan Teknik Pengelolaan Lingkungan  (Bidang Health and Safety Environmental / HSE), Proteksi Lingkungan, Upaya Pengelolaan Lingkungan, Pelestarian Lingkungan, Pemulihan Lingkungan)
 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

Berdasarkan Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012, kurikulum dikembangkan oleh Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Selain itu, pada UU ini juga menetapkan bahwa Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menjadi acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan pendidikan akademik.
 
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan  kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pelatihan kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan.

Rumusan capaian pembelajaran disusun dalam 4 (empat) komponen, dimana capaian pembelajaran untuk mencapai kompetensi lulusan 
Teknik Lingkungan Strata-1 sesuai dengan Kualifikasi Jenjang-6 pada KKNI adalah:
  1. Sikap dan Tata Nilai, merupakan sikap yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL Universitas Trisakti:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  11. Mampu menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil;
  12. Mampu menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti;
  13. Mampu menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat.
 
  1. Pengetahuan yang dikuasai, merupakan unsur penguasaan pengetahuan yang harus dikuasai lulusan sesuai dengan jenjang-6 KKNI:
  1. Menguasai konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk menganalisis permasalahan lingkungan dan perancangan rekayasa lingkungan serta sistem pengelolaan lingkungan;
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan teknik lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi;
  3. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  4. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
 
  1. Ketrampilan Khusus (kemampuan di bidang kerja), wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan Program Studi Teknik Lingkungan FALTL, Universitas Trisakti, yaitu mencirikan kemampuan lulusan sesuai dengan bidang ilmu Teknik Lingkungan:
  1. Mampu untuk melakukan pengelolaan lingkungan minimal pada satu aspek berikut:
    1. proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya (hazardous environment),
    2. proteksi lingkungan,
    3. pelestarian lingkungan,
    4. pemulihan lingkungan;
  2. Mampu menerapkan matematika, statistika, fisika, kimia, biologi, mikrobiologi, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks pada upaya pengelolaan lingkungan meliputi pengelolaan sumberdaya pokok kehidupan (pada matra air, udara, tanah) dan sistem pengendalian limbah cair, padat, atau gas;
  3. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan pada matra air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan;
  4. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan yang kompleks;
  5. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa lingkungan yang kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  6. Mampu merancang sistem, dan proses yang diperlukan untuk upaya pengelolaan lingkungan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan; 
  7. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa lingkungan berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa dalam upaya penanganan masalah pengelolaan lingkungan.
 
  1. Keterampilan Umum (Hak/Wewenang dan Tanggungjawab), merupakan kemampuan kerja serta kewenangan dan tanggungjawab yang wajib dimiliki lulusan sesuai jenjang-6 KKNI, untuk menjamin kesetaraan kemampuan lulusan:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Dari keseluruhan Capaian Pembelajaran tersebut di atas Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti telah menetapkan 11 (sebelas) Capaian Pembelajaran Program Studi yang dijabarkan sebagai berikut: 
  1. Mampu menerapkan prinsip dan konsep ilmu alam, matematika, ilmu teknik untuk menganalisis masalah teknik lingkungan
  2. Mampu menerapkan prinsip dan konsep infrastruktur lingkungan; manajemen lingkungan; manajemen kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (HSE); dan manajemen limbah berbahaya untuk meanganalisis masalah teknik lingkungan
  3. Mampu mengevaluasi penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di lapangan
  4. Mampu mendesain penelitian laboratorium dan lapangan untuk memperkuat penilaian teknis
  5. Mampu mendesain infrastruktur lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya
  6. Mampu menyusun perencanaan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan (air, tanah, dan udara) menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi
  7. Mampu berkolaborasi dan berinteraksi dengan tim multidisiplin dengan tanggung jawab profesional dan etis
  8. Mampu menerapkan budaya ekonomi, sosial, dan ekologi pada isu-isu teknik lingkungan
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif
  10. Mampu memahami tanggung jawab profesional dan etis
  11. Mampu mengenali kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang haya

Distribusi Mata Kuliah
MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH UMUM 
Pendidikan Agama
2
Kadeham
2
Pendidikan Pancasila
2
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris
3
Kewirausahaan
2
Jumlah SKS             13 (9,03%)
MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU DASAR
Konsep Teknologi 2
Manajemen 2
Metode Penelitian 2
Perencanaan Kota 2
Energi dan Lingkungan 2
Statistik Teknik Lingkungan 2
Kalkulus I 3
Kalkulus II 3
Fisika Dasar I 3
Fisika Dasar II 2
Kimia Dasar I 2
Kimia Dasar II 3
Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan 3
Laboratorium Lingkungan I 3
Laboratorium Lingkungan II 3
Matematika Rekayasa 3
Lingkungan dan Kependudukan 3
Menggambar Teknik 3
Mekanika Teknik 3
Kimia Teknik Lingkungan 2
Perpetaan 2
Jumlah SKS            53 (36.81%)
ILMU TEKNIK DAN REKAYASA DESAIN 
Pengantar Teknik Lingkungan 2
Mekanika Fluida Teknik Lingkungan 4
Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan 2
Satuan Operasi 3
Satuan Proses 3
Pengetahuan Struktur 3
Plambing 2
Sistem Penyediaan Air Minum 3
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum 4
Sistem Penyaluran Air Limbah dan Drainase 3
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah 4
Pengolahan Buangan Industri 3
Pengelolaan Sampah 3
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun 3
Pengelolaan Kualitas Lingkungan 3
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 3
Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2
Praktik Kerja Profesi 2
Tugas Akhir 1 2
Tugas Akhir 2 4
Teknik Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah 3
Pencemaran Udara 3
Pengelolaan Sumberdaya Air 3
Perencanaan Sistem Lingkungan Perkotaan 2
Pilihan Bebas 6
Pilihan Khusus 4
Jumlah SKS             78 (54,17%)


Mata Kuliah Pilihan
Mata Kuliah Bobot ( sks )
Pilihan Khusus (4 SKS) :  
A. PENGELOLAAN LINGKUNGAN PERKOTAAN  
 Ekologi Perkotaan 2
 Konservasi Lingkungan 2
B. PENGELOLAAN LINGKUNGAN UDARA  
 Perilaku & Analisis Udara 2
 Tek. Pengendalian Pencemaran Udara 2
C. VALUASI LINGKUNGAN  
 Ekonomi Lingkungan 2
 Audit Lingkungan 2
D. BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN  
 Teknik Remediasi 2
 Bioteknologi 2
Pilihan Bebas (6 SKS) :   
Hukum Lingkungan 2
Pengolahan Lumpur 2
Produksi Bersih 2
Pengelolaan Sumber Daya Tanah 2
Pemodelan Teknik Lingkungan 2
Kuliah Kerja Lapangan 2
Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknik Terapan 2
Peralatan Laboratorium dan Metode Analisis 2
Pengendalian Bising 2
Ekodrainase 2

Mata Kuliah Pengendali Mutu
No. Mata Kuliah Pengendali Mutu Jumlah sks
1 Lingkungan dan Kependudukan 3
2 Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan 2
3 Pengelolaan Sampah 3
4 Pencemaran Udara 3
5 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 3
6 Pengelolaan Kualitas Lingkungan 3
7 Sistem Penyaluran Air limbah (SPAL) / Drainase 3
8 Satuan Proses 3
9 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah 4
10 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 3

 
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

Jelang Upacara Wisuda Program Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana dan Diploma Universitas Trisakti, Semes… https://t.co/lCnhS0mlBP
Sabtu, 12 Okt 2019 21:09
Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Tlh berpulang Bpk Ir. Zainulsyah, M.T (Dosen FTI Usakti, Ka.Lab Metrologi Indus… https://t.co/F7utD5eHP8
Rabu, 9 Okt 2019 21:09
Komitmen seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga Panca… https://t.co/Sc0o8PgF6N
Sabtu, 5 Okt 2019 11:11
Selamat Pagi Sivitas Akademika Universitas Trisakti. Guna mengetahui situasi terkini menuju Kampus Usakti di Grogol… https://t.co/wIZGoZoRsU
Kamis, 26 Sep 2019 05:05
https://t.co/STKPIfsZqu
Selasa, 24 Sep 2019 12:12
Jadilah bagian dari kebaikan. Tetap berpeganglah pada nilai-nilai mulia: #TakwaTekunTerampil #AsahAsihAsuhhttps://t.co/TpkCnAf5l7
Senin, 23 Sep 2019 15:03
Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka atas wafatnya Ibu Ratna M Berliana Sitinjak (Ka Subag Dosen Tidak… https://t.co/c5NSBnXjVS
Rabu, 18 Sep 2019 17:05
#Obituari: Innalillahi wa inna ilaihi rooj'iun. Telah berpulang ke Rahmatullah dan dimakamkan pada hari : Kamis 12… https://t.co/qnzdVSsNSU
Rabu, 18 Sep 2019 17:05
#usakti UKM Bola Voli Trisakti 👏👏👏 https://t.co/rjVwU5CaIh
Senin, 16 Sep 2019 01:01
Jangan lewatkan ONE ON ONE @OfficialMNCNews bersama Ketua Pansel Capim KPK (@KPK_RI) Minggu, 15 September 2019 puku… https://t.co/4DVMa79NdL
Minggu, 15 Sep 2019 07:07
Come n Join us di Camp Penyambutan Mahasiswa/i Baru 2019 @poutri_trisakti, dgn tema : 🎭 MADE FOR MORE🎯 📆 : Jumat-Mi… https://t.co/vCoVpNcrfW
Minggu, 15 Sep 2019 06:06
UKM Islam Hudzaifah Trisakti (@ukm_hudzaifah) Proudly Present Sekolah Pra-Nikah & Parenting "Half a Deen "Madrasah… https://t.co/MfzOh2Zdgc
Minggu, 15 Sep 2019 06:06
Keluarga Besar Universitas Trisakti menyampaikan duka yg mendalam atas wafatnya Presiden ketiga RI, BJ #Habibie Rep… https://t.co/Nzi4pp04Aa
Rabu, 11 Sep 2019 18:06
Selamat & Sukses sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Trisakti kepada Ibu Dr.… https://t.co/ItnGiVVrXo
Selasa, 3 Sep 2019 17:05
Kepala Staf Kepresidenan @Dr_Moeldoko di Universitas @trisakti_: Mahasiswa Tak Cukup Pandai, Tapi Harus Berideologi… https://t.co/Aum2VJ6MUb
Kantor Staf Presiden
Minggu, 18 Agu 2019 17:05
Rektor Usakti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, https://t.co/5bfSRED6pg., Ph.D. "Th 2045 Indonesia akan mjd negara terh… https://t.co/MJtR6yahwd
Minggu, 18 Agu 2019 22:10
Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Taqobbalallahu minna wa minkum… https://t.co/9YB0MSYg4Z
Minggu, 11 Agu 2019 14:02
Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka cita. Almarhum @Sutopo_PN adal… https://t.co/Sl50frvt1X
Minggu, 7 Jul 2019 06:06
Ralat: PMB Hari Sabtu tetap buka
Selasa, 4 Jun 2019 14:02
Keluarga Besar Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqobbalallahu minna wa minkum… https://t.co/mKIB22b7kD
Selasa, 4 Jun 2019 13:01

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Prof. Dr. Wahyudi Wisaksono Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan

Nama Lengkap Prof. Dr. Wahyudi Wisaksono : Pangkat / Golongan Guru Besar IV/e : Fakultas / Jurusan / Bagian Arsitektur…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232 Ext 8762, 8765
Fax: (62-21) 560 2575
Email : tekniklingkungan@trisakti.ac.id
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni