TENTANG KAMI

button-twitter.png button-facebook.png

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS), yang dapat didefinisikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan satuan kredir semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, pengalaman belajar mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program.

Semester merupakan penggal waktu yang berkelanjutan dimana mahasiswa belajar dengan sejumlah beban sks yang telah direncanakan pada awal semester, sehingga mahasiswa dapat lebih flexible dalam pengaturan lama studi sesuai dengan keaktifannya.

Untuk menyelesaikan pendidikan Sarjana Strata Satu (S1) mahasiswa wajib menempuh beban kredit = 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester, maksimal 14 semester..

Dalam setiap semester diatur jadwal pelaksanaan kegiatan akademik 14 sampai dengan 16 minggu tatap muka/kuliah, selain pelaksanaan  perkuliahan dan praktikum, dalam masa ini dilakukan kegiatan pendukung akademik lainnya, juga kegiatan penilaian atau evaluasi.


PROFIL LULUSAN
Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti hingga saat ini terserap di berbagai sektor, terutama di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Perusahaan Daerah baik Air Minum maupun Air Limbah, sektor swasta seperti perusahaan atau industri yang memiliki departemen Safety, Health and Environment (SHE), konsultan dan kontraktor terkait bidang teknik lingkungan.

Analisis profil bermuara pada kepentingan pengembangan keilmuan dan/atau pengembangan kemampuan khusus. Profil dan profesi lulusan program studi telah dibahas dalam organisasi profesi Ikatan Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI). Profil lulusan Prodi Teknik Lingkungan yang memiliki kompetensi dalam lingkup bidang yang mencakup bidang penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, pengelolaan limbah cair, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, pemulihan kerusakan lingkungan, dan drainase. 

Profil lulusan Program Studi Teknik Lingkungan adalah sebagai:
1. Peneliti (Bidang Manajemen Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan (air, udara, tanah)]
2. Perencana/Pengawas (Bidang  Infrastruktur Lingkungan: Penyediaan Air Minum, Sistem Penyaluran Air Limbah & Drainase, Pengelolaan Sampah, Pemrosesan Akhir Sampah, Pengelolaan Air Limbah)
3. Penyelia/Supervisor (Bidang Infrastruktur Lingkungan dan Perencanaan Teknik Pengelolaan Lingkungan)
4. Perencana Manajemen Lingkungan dan Teknik Pengelolaan Lingkungan  (Bidang Health and Safety Environmental / HSE), Proteksi Lingkungan, Upaya Pengelolaan Lingkungan, Pelestarian Lingkungan, Pemulihan Lingkungan)
 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

Berdasarkan Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012, kurikulum dikembangkan oleh Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Selain itu, pada UU ini juga menetapkan bahwa Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menjadi acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan pendidikan akademik.
 
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan  kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pelatihan kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan.

Rumusan capaian pembelajaran disusun dalam 4 (empat) komponen, dimana capaian pembelajaran untuk mencapai kompetensi lulusan 
Teknik Lingkungan Strata-1 sesuai dengan Kualifikasi Jenjang-6 pada KKNI adalah:
  1. Sikap dan Tata Nilai, merupakan sikap yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL Universitas Trisakti:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  11. Mampu menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil;
  12. Mampu menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti;
  13. Mampu menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat.
 
  1. Pengetahuan yang dikuasai, merupakan unsur penguasaan pengetahuan yang harus dikuasai lulusan sesuai dengan jenjang-6 KKNI:
  1. Menguasai konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk menganalisis permasalahan lingkungan dan perancangan rekayasa lingkungan serta sistem pengelolaan lingkungan;
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan teknik lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi;
  3. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  4. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
 
  1. Ketrampilan Khusus (kemampuan di bidang kerja), wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan Program Studi Teknik Lingkungan FALTL, Universitas Trisakti, yaitu mencirikan kemampuan lulusan sesuai dengan bidang ilmu Teknik Lingkungan:
  1. Mampu untuk melakukan pengelolaan lingkungan minimal pada satu aspek berikut:
    1. proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya (hazardous environment),
    2. proteksi lingkungan,
    3. pelestarian lingkungan,
    4. pemulihan lingkungan;
  2. Mampu menerapkan matematika, statistika, fisika, kimia, biologi, mikrobiologi, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa yang kompleks pada upaya pengelolaan lingkungan meliputi pengelolaan sumberdaya pokok kehidupan (pada matra air, udara, tanah) dan sistem pengendalian limbah cair, padat, atau gas;
  3. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan pada matra air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan;
  4. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan yang kompleks;
  5. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa lingkungan yang kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  6. Mampu merancang sistem, dan proses yang diperlukan untuk upaya pengelolaan lingkungan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan; 
  7. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa lingkungan berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa dalam upaya penanganan masalah pengelolaan lingkungan.
 
  1. Keterampilan Umum (Hak/Wewenang dan Tanggungjawab), merupakan kemampuan kerja serta kewenangan dan tanggungjawab yang wajib dimiliki lulusan sesuai jenjang-6 KKNI, untuk menjamin kesetaraan kemampuan lulusan:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Dari keseluruhan Capaian Pembelajaran tersebut di atas Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti telah menetapkan 11 (sebelas) Capaian Pembelajaran Program Studi yang dijabarkan sebagai berikut: 
  1. Mampu menerapkan prinsip dan konsep ilmu alam, matematika, ilmu teknik untuk menganalisis masalah teknik lingkungan
  2. Mampu menerapkan prinsip dan konsep infrastruktur lingkungan; manajemen lingkungan; manajemen kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (HSE); dan manajemen limbah berbahaya untuk meanganalisis masalah teknik lingkungan
  3. Mampu mengevaluasi penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di lapangan
  4. Mampu mendesain penelitian laboratorium dan lapangan untuk memperkuat penilaian teknis
  5. Mampu mendesain infrastruktur lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya
  6. Mampu menyusun perencanaan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan (air, tanah, dan udara) menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi
  7. Mampu berkolaborasi dan berinteraksi dengan tim multidisiplin dengan tanggung jawab profesional dan etis
  8. Mampu menerapkan budaya ekonomi, sosial, dan ekologi pada isu-isu teknik lingkungan
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif
  10. Mampu memahami tanggung jawab profesional dan etis
  11. Mampu mengenali kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang haya

Distribusi Mata Kuliah
MATA KULIAH SKS
MATA KULIAH UMUM 
Pendidikan Agama
2
Kadeham
2
Pendidikan Pancasila
2
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris
3
Kewirausahaan
2
Jumlah SKS             13 (9,03%)
MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU DASAR
Konsep Teknologi 2
Manajemen 2
Metode Penelitian 2
Perencanaan Kota 2
Energi dan Lingkungan 2
Statistik Teknik Lingkungan 2
Kalkulus I 3
Kalkulus II 3
Fisika Dasar I 3
Fisika Dasar II 2
Kimia Dasar I 2
Kimia Dasar II 3
Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan 3
Laboratorium Lingkungan I 3
Laboratorium Lingkungan II 3
Matematika Rekayasa 3
Lingkungan dan Kependudukan 3
Menggambar Teknik 3
Mekanika Teknik 3
Kimia Teknik Lingkungan 2
Perpetaan 2
Jumlah SKS            53 (36.81%)
ILMU TEKNIK DAN REKAYASA DESAIN 
Pengantar Teknik Lingkungan 2
Mekanika Fluida Teknik Lingkungan 4
Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan 2
Satuan Operasi 3
Satuan Proses 3
Pengetahuan Struktur 3
Plambing 2
Sistem Penyediaan Air Minum 3
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum 4
Sistem Penyaluran Air Limbah dan Drainase 3
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah 4
Pengolahan Buangan Industri 3
Pengelolaan Sampah 3
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun 3
Pengelolaan Kualitas Lingkungan 3
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 3
Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2
Praktik Kerja Profesi 2
Tugas Akhir 1 2
Tugas Akhir 2 4
Teknik Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah 3
Pencemaran Udara 3
Pengelolaan Sumberdaya Air 3
Perencanaan Sistem Lingkungan Perkotaan 2
Pilihan Bebas 6
Pilihan Khusus 4
Jumlah SKS             78 (54,17%)


Mata Kuliah Pilihan
Mata Kuliah Bobot ( sks )
Pilihan Khusus (4 SKS) :  
A. PENGELOLAAN LINGKUNGAN PERKOTAAN  
 Ekologi Perkotaan 2
 Konservasi Lingkungan 2
B. PENGELOLAAN LINGKUNGAN UDARA  
 Perilaku & Analisis Udara 2
 Tek. Pengendalian Pencemaran Udara 2
C. VALUASI LINGKUNGAN  
 Ekonomi Lingkungan 2
 Audit Lingkungan 2
D. BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN  
 Teknik Remediasi 2
 Bioteknologi 2
Pilihan Bebas (6 SKS) :   
Hukum Lingkungan 2
Pengolahan Lumpur 2
Produksi Bersih 2
Pengelolaan Sumber Daya Tanah 2
Pemodelan Teknik Lingkungan 2
Kuliah Kerja Lapangan 2
Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknik Terapan 2
Peralatan Laboratorium dan Metode Analisis 2
Pengendalian Bising 2
Ekodrainase 2

Mata Kuliah Pengendali Mutu
No. Mata Kuliah Pengendali Mutu Jumlah sks
1 Lingkungan dan Kependudukan 3
2 Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan 2
3 Pengelolaan Sampah 3
4 Pencemaran Udara 3
5 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 3
6 Pengelolaan Kualitas Lingkungan 3
7 Sistem Penyaluran Air limbah (SPAL) / Drainase 3
8 Satuan Proses 3
9 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah 4
10 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan 3

 
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka cita. Almarhum @Sutopo_PN adal… https://t.co/Sl50frvt1X
Minggu, 7 Jul 2019 06:06
Ralat: PMB Hari Sabtu tetap buka
Selasa, 4 Jun 2019 14:02
Keluarga Besar Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqobbalallahu minna wa minkum… https://t.co/mKIB22b7kD
Selasa, 4 Jun 2019 13:01
Kegiatan KAMPUS LIBUR (31 Mei s.d. 15 Juni 2019). Penerimaan Mahasiswa Baru TETAP BUKA (*) KEMBALI MASUK pd Senin… https://t.co/dmmCuesAHN
Sabtu, 1 Jun 2019 10:10
Kamis 30 Mei 2019, Hari Kenaikan Isa Almasih. https://t.co/uCp5JodWgt
Kamis, 30 Mei 2019 10:10
Updated > Informasi terbaru yang diterima: FEB memberikan kabar yang sama dengan FK, FKG, FTI, FTSP, FH, FTKE, FSRD… https://t.co/hhcsC61wfh
Kamis, 23 Mei 2019 06:06
Informasi terbaru yang diterima: FK, FKG, FTI, FTSP, FH, FTKE, FSRD, FALTL USAKTI telah diliburkan. Penjelasan lebi… https://t.co/7lbmfuwH6D
Kamis, 23 Mei 2019 00:12
Info untuk sivitas akademika dan Keluarga Besar Universitas Trisakti: Kamis, 23 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Li… https://t.co/AcrkPxw5po
Rabu, 22 Mei 2019 21:09
#usakti #trisakti (test)
Rabu, 22 Mei 2019 20:08
twitter @trisakti_ test
Rabu, 22 Mei 2019 20:08
Reposted from @manajemenkampus Pengumuman Universitas Trisakti: RALAT Libur dalam rangka merayakan Idul Fitri 1440… https://t.co/lM7LBKVWA1
Senin, 20 Mei 2019 15:03
Reposted from @manajemenkampus - Pengumuman Universitas Trisakti: Rabu, 22 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Libur… https://t.co/bU6TOwwm7a
Senin, 20 Mei 2019 14:02
Prof. dr. Ali Ghufron Mukti MSc.,Ph.D. (lahir di Blitar, Jatim 17 Mei 1962) adalah Plt. Rektor Universitas Trisakti… https://t.co/8vtTbXvHgo
Jumat, 17 Mei 2019 15:03
Kami turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.… https://t.co/GbBgF7NUtN
Sabtu, 16 Mar 2019 10:10
Reposted from MANAJEMEN KAMPUS UNIVERSITAS TRISAKTI - Diklat Tenaga Keamanan Universitas Trisakti Kampus Nagrak Cia… https://t.co/blKu1tjtta
Kamis, 7 Mar 2019 12:12
Reposted from @alumni_trisakti - Datang Ya, Kumpul Kita semua! REUNI AKBAR ALUMNI UNIVERSITAS TRISAKTI 17 Feb 2019… https://t.co/UOAqC2J9NX
Minggu, 17 Peb 2019 07:07
via @alumni_trisakti : Datang Ya, Kumpul Kita semua! REUNI AKBAR ALUMNI UNIVERSITAS TRISAKTI 17 Feb 2019 Istora Se… https://t.co/vOjzovw758
Sabtu, 16 Peb 2019 21:09
Pernyataan Sikap Ikatan Alumni Universitas Trisakti terkait #Pilpres dan #Pileg 2019. sumber: Ikatan Alumni Univer… https://t.co/UtnIP3B1LD
Minggu, 13 Jan 2019 11:11
Pernyataan Sikap Ikatan Alumni Universitas Trisakti terkait #Pilpres dan #Pileg 2019. source: @alumni_trisakti cc:… https://t.co/R1F7GGLoKn
Minggu, 13 Jan 2019 10:10
Selamat Pagi Bapak/Ibu Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa/i Universitas Trisakti. Hari ini Kamis, 3 Januari Kampus akti… https://t.co/vdwVSa3wIH
Kamis, 3 Jan 2019 05:05

icon-fb.png Recent Posts

Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka cita. Almarhum Sutopo Purwo Nugroho adalah pribadi yang baik dan bersahaja.

#dukausakti #ripsutopo #paktopo #trisaktidisastercenter #tdc #tbmt #fakultaskedokteran #fkusakti #usakti #trisakti #universitas #universitastrisakti #trisaktiuniversity
#bnpbindonesia

cc: Ali Ghufron Mukti, Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Instagram https://www.instagram.com/p/BzmGthzHuXH/?igshid=1t4adj8q7q8dc

Twitter https://twitter.com/trisakti_/status/1147655850388930561?s=19
Minggu, 7 Juli 2019 08:08
Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Keluarga Besar Universitas Trisakti turut berduka cita. Almarhum Sutopo Purwo Nugroho adalah pribadi yang baik dan bersahaja.

#dukausakti #ripsutopo #paktopo #trisaktidisastercenter #tdc #tbmt #fakultaskedokteran #fkusakti #usakti #trisakti #universitas #universitastrisakti #trisaktiuniversity
#bnpbindonesia

Instagram https://www.instagram.com/p/BzmGthzHuXH/?igshid=1t4adj8q7q8dc

Twitter https://twitter.com/trisakti_/status/1147655850388930561?s=19
Minggu, 7 Juli 2019 08:08
Keluarga Besar Universitas Trisakti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amal kami dan kalian).
Selasa, 4 Juni 2019 13:01
Reposted from #TrisaktiMedia - Demi Korps Antirasuah yang kian Bertaji

source: Media Indonesia (2/6)

KASUS korupsi di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda tamat. Dari tahun ke tahun, masih banyak pejabat negara maupun perusahaan pelat merah yang terjerat pusaran korupsi dan berakhir di balik bui.

Tidak mengherankan jika negara ini masih membutuhkan lembaga antirasuah macam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tahun ini, masa kerja Komisi Pemberantasan Korupsi era Agus Rahardjo yang dimulai pada 2015 akan berakhir. Untuk itu, pemerintah menunjuk Dr. Yenti Ganarsih, S.H., M.H. sebagai Ketua Tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim KPK) periode 2019- 2023. Yenti, yang juga terlibat dalam tim Pansel Capim KPK 2015-2019, ialah pakar hukum dari UNIVERSITAS TRISAKTI. Ia juga orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor dalam bidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Media Indonesia berkesempatan berbincang dengan Yenti, di Jakarta, Senin (27/5), perihal upayanya untuk menjaring bibit terbaik penumpas korupsi, juga bagaimana pandangannya terkait dengan isu korupsi dan penegakan hukum di Indonesia belakangan ini. Berikut petikannya (selanjutnya baca di https://www.google.com/amp/s/m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/239063-demi-korps-antirasuah-yang-kian-bertaji.html).
.
#yentigarnasih #dosentrisakti #dosenusakti #fhusakti #usakti #trisakti Fakultas Hukum Universitas Trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity
Minggu, 2 Juni 2019 17:05
Reposted from MANAJEMEN KAMPUS UNIVERSITAS TRISAKTI - Kegiatan KAMPUS LIBUR (31 Mei s.d. 15 Juni 2019). Penerimaan Mahasiswa Baru TETAP BUKA (*) ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ .
Kampus Usakti @trisaktiuniversity KEMBALI MASUK pada Senin, 17 Juni 2019 (Kegiatan akademik, administratif dan kemahasiswaan berjalan seperti biasa)

Pengamanan dan penjagaan #saranaprasaranausakti #KampusA #KampusB #KampusF dilakukan secara cermat oleh #otoritakampus beserta jajarannya berkoordinasi dengan pimpinan #fakultas_di_usakti dan #kabagtu_usakti serta pimpinan #lembagabadanbirounit_di_usakti

#monitoringkampus
#tetapkerja
#tetapmelayani
#trisaktipictures
#warek2usakti
#ManajemenKampus
#baum_usakti
#uptkpusakti
#pplusakti
#k3usakti
#mahasiswausakti
#dosenusakti
#tendikusakti
#wargausakti
#usakti #trisakti
#trisaktiuniversity
#universitastrisakti
#pmbusakti

(*) Selama Bulan Ramadhan Jam Operasional Promosi / Informasi PMB Usakti : 08.30 s.d 15.00 WIB. Libur pada Hari Minggu dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Sabtu, 1 Juni 2019 10:10
Kamis 30 Mei 2019, Hari Kenaikan Isa Almasih.
Kamis, 30 Mei 2019 10:10
Info untuk sivitas akademika dan Keluarga Besar Universitas Trisakti: Kamis, 23 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Libur Fakultatif.

#usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity

Updated > Informasi terbaru yang diterima: FEB memberikan kabar yang sama dengan FK, FKG, FTI, FTSP, FH, FTKE, FSRD, dan FALTL USAKTI yg diliburkan pada tgl 23 Mei 2019. Penjelasan lebih detail silahkan konfirmasi kpd #humas_usakti atau koordinator fakultas masing-masing.
Rabu, 22 Mei 2019 21:09
Reposted from MANAJEMEN KAMPUS UNIVERSITAS TRISAKTI Pengumuman Universitas Trisakti: RALAT Libur dalam rangka merayakan Idul Fitri 1440 H. #usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity
Senin, 20 Mei 2019 14:02
Reposted from MANAJEMEN KAMPUS UNIVERSITAS TRISAKTI - Pengumuman Universitas Trisakti: Rabu, 22 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Libur Fakultatif (mengingat kondisi dan situasi menjelang diumumkannya hasil #pilpres2019). Khusus untuk Rektorat Rabu, 22 Mei 2019 dinyatakan sebagai Hari Libur. #usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity
Senin, 20 Mei 2019 14:02
Prof. dr. Ali Ghufron Mukti M.Sc.,Ph.D. (lahir di Blitar, Jawa Timur, 17 Mei 1962) adalah Plt. Rektor Universitas Trisakti / Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID), Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II dan juga Pejabat sementara Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

#rektorusakti #alighufronmukti #usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity

sumber foto: Sumber Daya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
caption: Wikipedia
Jumat, 17 Mei 2019 13:01
Kami turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.

#usaktiberdoa
#prayformuslimnewzealand
#prayformuslimselandiabaru
#prayfornewzealand
#prayfornz
#usakti #trisakti
#universitastrisakti
#trisaktiuniversity
Sabtu, 16 Maret 2019 10:10
Kami turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.

#usaktiberdoa
#prayformuslimnewzealand
#prayformuslimselandiabaru
#prayfornewzealand
#prayfornz
#usakti #trisakti
#universitastrisakti
#trisaktiuniversity
Sabtu, 16 Maret 2019 10:10
Reposted from MANAJEMEN KAMPUS UNIVERSITAS TRISAKTI - Diklat Tenaga Keamanan Universitas Trisakti Kampus Nagrak Ciangsana (7-9 Maret 2019)

" Membangun Korsa dan Jati Diri Tenaga Keamanan Universitas Trisakti yang Tangguh, Disiplin dan Bertanggungjawab "

Pendidikan dan Latihan ini dibuka oleh Direktur Kampus, Dr. Ir. Hardi Utomo, MS, IAI.

https://www.instagram.com/p/BusaU8jlvM1/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1cu9gkjq7u6vu
Kamis, 7 Maret 2019 12:12
Reposted from Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKAUSAKTI) - Datang Ya, Kumpul Kita semua! REUNI AKBAR ALUMNI UNIVERSITAS TRISAKTI

17 Feb 2019
Istora Senayan

Let’s bring our memories back!
Trisakti Connect Fest
#TCF2019
#trisakticonnect
#trisakticonnectfestival
#trisakticonnectfestival2019
#reuniakbar
#reuniakbar_usakti
#Ikausakti #ikatanalumniuniversitastrisakti #alumniusakti #alumnitrisakti #usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity
Minggu, 17 Pebruari 2019 07:07
Pernyataan Sikap Ikatan Alumni Universitas Trisakti terkait #Pilpres dan #Pileg 2019.

sumber: Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKAUSAKTI)
cc: KPU Republik Indonesia Bawaslu RI Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia

#pilpres2019 #pileg2019
#Ikausakti #alumniusakti #alumnitrisakti #usakti #trisakti #universitastrisakti #trisaktiuniversity
Minggu, 13 Januari 2019 11:11

Guru Besar

Prof. Dr. Wahyudi Wisaksono Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan

Nama Lengkap Prof. Dr. Wahyudi Wisaksono : Pangkat / Golongan Guru Besar IV/e : Fakultas / Jurusan / Bagian Arsitektur…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232 Ext 8762, 8765
Fax: (62-21) 560 2575
Email : tekniklingkungan@trisakti.ac.id
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni