TENTANG KAMI

button-twitter.png button-facebook.png

Sistem Pendidikan

Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL, Universitas Trisakti bertujuan menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dan keahlian teknik dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara sistematis dan terpadu, berdasarkan penguasaan ilmu di bidang kerekayasaan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan, untuk menjamin bahwa pembangunan yang dilakukan tidak merusak lingkungan. Kurikulum yang diterapkan saat ini mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang berdasarkan Outcome based Education (OBE), yang merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh seseorang dari pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja dan pembelajaran mandiri.
 
SPESIFIKASI PROGRAM
Program Studi Teknik Lingkungan menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA atau MA Jurusan IPA, atau dari SMK teknik. Mahasiswa harus menyelesaikan 144 sks dengan menempuh pendidikan berskema penuh waktu selama 8 semester (4 tahun) untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST).


PROFIL PROFESIONAL MANDIRI

Lulusan Teknik Lingkungan yang mampu mengembangkan diri menjadi disainer, peneliti, akademisi pada bidang infrastruktur lingkungan, management lingkungan dan management K3 yang kompetitif serta tetap memperhatikan kerarifan lokal

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN 

 Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti telah menetapkan 8 (delapan) Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)  yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan prinsip dan konsep ilmu alam, matematika, ilmu teknik untuk menganalisis masalah teknik lingkungan.
  2. Mampu mempertimbangkan aspek-aspek budaya, ekonomi, sosial, dan ekologi untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan.
  3. Mampu menerapkan prinsip dan konsep infrastruktur lingkungan; manajemen lingkungan; manajemen kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (HSE); dan manajemen limbah berbahaya untuk menganalisis masalah teknik lingkungan.
  4. Mampu mendesain penelitian laboratorium dan lapangan untuk memperkuat penilaian teknis.
  5. Mampu mendesain infrastruktur lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya.
  6. Mampu menyusun perencanaan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan (air, tanah, dan udara) menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi.
  7. Mampu berkomunikasi secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dengan tanggung jawab profesional dan etis.
  8. Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) diatas sudah sejalan dengan Visi Misi Universitas dan disusun berdasarkan KKNI, Bakerma-TL dan masukan dari Stakeholders.

Capaian Pembelajaran berdasarkan KKNI sebagai berikut :

Capaian Pembelajaran Pengetahuan
  1. konsep teoretis sains alam, ilmu lingkungan, dan aplikasi matematika rekayasa secara umum;
  2. konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan yaitu proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan;
  3. prinsip, metodologi dan teknik perancangan sistem pengelolaan  lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi;
  4. konsep dan prinsip pelestarian lingkungan;
  5. konsep dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium dan di lapangan;
  6. prinsip dan isu terkini dalam ekonomi dan social budaya secara umum;
  7. konsep umum, prinsip dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik; dan
  8. wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa lingkungan

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
 
Capaian Pembelajaran Khusus
  1. mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi model rekayasa lingkungan;
  2. mampu menyelesaikan masalah rekayasa  lingkungan,  minimal pada aspek proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan; berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik dan kelestarian lingkungan, meliputi kemampuan :
  1. mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis dan menemukan sumber masalah rekayasa lingkungan;
  2. mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan;
  3. merancang dan mengoperasionalkan sistem dan proses pengelolaan lingkungan, pengelolaan lingkungan (meliputi pengelolaan air minum, air limbah, persampahan, drainase permukiman, sistem pengendalian limbah cair, padat dan gas, pengendalian pencemaran udara) sesuai standar teknis keandalan, kemudahan penerapan, dan keberlanjutan;
  4. memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa yang paling sesuai, efektif dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa lingkungan.
  1. mampu menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia dalam melaksanakan pekerjaan; dan
  2. mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah.
 
Capaian Pembelajaran Sikap
  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  11. menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil
  12. menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti;
  13. menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat.

DISTRIBUSI MATA KULIAH
 
SEMESTER KODE MK MATA KULIAH BOBOT
I UAG 6201 Pendidikan Agama 2
UBA 6202 Bahasa Indonesia 2
UBA 6201 Bahasa Inggris   3
ATD 6307 Menggambar Teknik 3
ATD 6301 Kalkulus I 3
ATR 6201 Pengantar Teknik Lingkungan 2
ATD 6205 Kimia Dasar I 2
ATD 6303 Fisika Dasar I + Praktikum 3
II UPA 6200 Pendidikan Pancasila 2
UKD 6201 Kewarganegaraan, KADEHAM  2
ATD 6208 Konsep Teknologi 2
ATD 6306 Kimia Dasar II + Praktikum 3
ATD 6204 Fisika Dasar II 2
ATD 6302 Kalkulus II 3
ATD 6309 Lingkungan dan Energi 3
ATD 6310 Mikrobiologi Lingkungan + Praktikum 3
III ATD 6313 Matematika Rekayasa 3
ATR 6402 Mekanika Fluida TL + praktikum 4
ATD 6216 Statistik Teknik Lingkungan 2
ATD 6214 Kimia  Lingkungan 2
ATD 6311 Laboratorium Lingkungan I + Praktikum 3
ATD 6215 Perpetaan dan GIS 2
ATD 6317 Mekanika Teknik 3
IV ATD 6218 Perencanaan Kota 2
ATR 6303 Pengelolaan Sumberdaya Air 3
ATR 6307 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 3
ATR 6304 Pengelolaan Sampah 3
ATD 6312 Laboratorium Lingkungan II + Praktikum 3
ATR 6305 Pengetahuan Struktur 3
ATR 6306 Satuan Operasi 3
V ATR 6210 Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan 2
ATD 6219 Manajemen Proyek 2
ATD 6315 Sistem Penyaluran Air Limbah & Drainase 3
ATD 6316 Teknik Pengolahan & Pemrosesan Akhir Sampah 3
ATR 6308 Satuan Proses 3
ATR 6409 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum 4
  MK Pilihan Bebas 2
VI ATR 6315 Pengelolaan Kualitas Lingkungan 3
ATR 6314 Pengelolaan Limbah B3 2
ATD 6413 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah 4
ATR 6318 Pencemaran Udara 3
ATR 6217 Plambing 2
ATD 6220 Metode Penelitian 2
ATR 6216 Pengelolaan Kesehatan & Keselamatan Kerja 2
VII AES 6374 Kewirausahaan (Entrepreneurship) 2
ATR 6219 Perencanaan Sistem Lingk. Perkotaan 2
ATR 6220 Pengelolaan Buangan Industri 2
ATR 6221 Teknik Pengendalian Pencemaran Udara 2
ATR 6322 AMDAL 3
  MK. Pilihan Khusus 4
ATR 6223 Praktik Kerja Profesi 2
ATR 6224 Tugas Akhir I 2
VIII   MK Pilihan Bebas 2
  MK Pilihan Bebas 2
ATR 6425 Tugas Akhir II 4
  KULIAH PILIHAN KHUSUS
  PENGELOLAAN KUALITAS LINGKUNGAN
  ATR 6235 Energi Baru dan  Terbarukan 2
  ATR 6236 Konservasi Lingkungan 2
  VALUASI LINGKUNGAN
  ATR 6237 Ekonomi Lingkungan 2
  ATR 6238 Audit Lingkungan 2
  BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN
  ATR 6239 Teknik Remediasi 2
  ATR 6240 Bioteknologi Lingkungan 2
  KULIAH PILIHAN BEBAS
  ATR 6226 Hukum Lingkungan 2
  ATR 6227 Pengolahan Lumpur 2
  ATR 6228 Produksi Bersih 2
  ATR 6229 Kuliah Kerja Lapangan 2
  UKT 6200 Kuliah Usaha Mandiri – Ilmu Teknik Terapan 2
  ATR 6230 Pengelolaan Sumberdaya Tanah 2
  ATR 6231 Peralatan Laboratorium &  Metode Analisis 2
  ATR 6232 Pemodelan Teknik Lingkungan 2
  ATR 6233 Pengendalian Bising 2
  ATR 6234 Ekodrainase 2

Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Jurusan Teknik Lingkungan, FALTL dapat dilihat disini
Silabus Mata Kuliah dapat dilihat disini


SISTIM PENILAIAN UJIAN TATA NILAI
 Tata cara penilaian diatur sebagai berikut :

 
HURUF BOBOT ANGKA
A 4,00 85 ≤ n ≤100
A- 3,75 80 ≤ n < 84,99
B+ 3,50 75 ≤ n < 79,99
B 3,00 68 ≤ n < 74,99
B- 2,75 65 ≤ n < 67,99
C+ 2,50 62 ≤ n < 64,99
C 2,00 56 ≤ n < 61,99
D 1,00 45 ≤ n < 55,99
E 0 n < 45


Tabel Hubungan antara Nilai dalam Huruf, Bobot dan Angka
 
Status Nilai Keterangan Nilai Akhir
CO Complete Sesuai Tabel di atas
IN Incomplete Nilai E dengan
keterangan
MG Missing Grade
NR No Record of Attendance Withdrawal
WD Withdrawal
FR Freud

Keterangan :
  1. Nilai huruf dipergunakan untuk nilai akhir.
  2. Nilai angka penyetaraan skala 0 - 4 dipergunakan untuk menghitung IPS dan IPK.
  3. Nilai angka penyetaraan skala 0 - 100 dipergunakan dalam penilaian dari tiap kegiatan
  4. Nilai E berarti gagal.
  5. IN dapat diperbaiki dengan melengkapi tugas dalam waktu maksimal 2 (dua) minggu, bila tidak dipenuhi nilai menjadi E.
  6. FR setara dengan 0 dan diperhitungkan dalam IP
  7. Bagi yang tidak ikut UTS, maka nilai komponennya adalah 0
  8. WD, IN, MG dan NR tidak diperhitungkan dalam perhitungan IP, dan mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti remedial untuk mata kuliah tersebut.
  9. Nilai MG dapat diperbaiki dengan mengikuti ujian susulan pengganti UAS sebelum berakhirnya semester terkait.
  10. Penentuan KOMPONEN dan BOBOT PENILAIAN mata kuliah berdasarkan Tabel berikut ini.
Komponen Rentang Nilai % Bobot
Terstruktur: Tugas, Kuis, Makalah, dll) 0 - 100 >20 %
Ujian Tengah Semester (UTS) 0 - 100 20 - 40 %
Ujian Akhir Semester (UAS) 0 - 100 20 - 50 %
Jumlah nilai dalam angka 100 %

Keterangan :
  1. Dalam sistem SKS, komponen penilaian harus termasuk didalamnya tugas terstruktur
  2. Untuk memperoleh nilai akhir maka jumlah nilai angka dikonversi menjadi nilai huruf

Metode Pembelajaran
  • CL : Tatap muka
  • SGD : Small Group Discussion
  • CbL : Collaborative Learning
  • FBL : Praktik Lapangan
  • LBL : Praktikum
  • RP : Role Play
  • DL : Discovery Learning
  • PBL : Problem-Based Learning
  • PjBL : Project-Based Learning
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

@lisamyangggg Ambil prodi apa? Sukses selalu ya 🙏
Senin, 26 Jul 2021 19:07
WEBINAR IKA TRISAKTI Talk Series SIAGA PENANGANAN COVID-19, ISOLASI MANDIRI ATAU KE RUMAH SAKIT? Sabtu, 10 Juli 2… https://t.co/65htf7qzdv
IKAUSAKTI
Sabtu, 10 Jul 2021 04:04
Selasa, 8 Juni 2021 Waktu : 08.30 – 10.00 WIB Tempat : Zoom Meeting Agenda : Prof. Dr. Ir. #KadarsahSuryadi, DEA se… https://t.co/pG7fZpq2GA
Selasa, 8 Jun 2021 06:06
Bagi kalian yg ingin tahu ttg Kampus Universitas Trisakti, sistem pembelajaran, Dosen-dosen, kegiatan, prestasi, be… https://t.co/9HeswhjuAi
Kamis, 27 Mei 2021 18:06
Kebajikan muncul dari perbuatan baik. Kebijaksanaan muncul dari pikiran yang murni dan damai. Universitas Trisakti… https://t.co/c6BbBDbZUh
Rabu, 26 Mei 2021 08:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/15lAbz82Zy
Sabtu, 15 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/wp0FGrTi23
Sabtu, 15 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/JVLjKS9FVs
Jumat, 14 Mei 2021 19:07
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/16gKMrYGvZ
Jumat, 14 Mei 2021 15:03
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/sL4MZ4Jy2M
Jumat, 14 Mei 2021 14:02
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/OkpkyvTj9v
Jumat, 14 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/jFgZoDDLNP
Jumat, 14 Mei 2021 05:05
Universitas Trisakti mengucapkan selamat memperingati dan merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih #harirayahttps://t.co/8H71ADTqhs
Jumat, 14 Mei 2021 04:04
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/ga7s5il83k
Kamis, 13 Mei 2021 21:09
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/EgCbGcCHvA
Kamis, 13 Mei 2021 20:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/jVcskbxdcC
Kamis, 13 Mei 2021 20:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/MIjBsybAan
Kamis, 13 Mei 2021 15:03
Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA Pjs Rektor dan Segenap Civitas Akademika Universitas Trisakti mengucapkan SEL… https://t.co/iwtKl7IfQU
Kamis, 13 Mei 2021 03:03
#myrector Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA Pjs Rektor Universitas Trisakti #trisaktipictures #usakti #trisaktihttps://t.co/cuGfFHJwmQ
Minggu, 9 Mei 2021 08:08
Jangan lewatkan! Ujian Saringan Masuk Universitas Trisakti Hari : Minggu Tanggal : 9 Mei 2021 Informasi Penerimaa… https://t.co/L6dqKkDPiD
Jumat, 7 Mei 2021 15:03

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232 Ext 8762, 8765
Fax: (62-21) 560 2575
Email : tekniklingkungan@trisakti.ac.id
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni