Sistem Pendidikan
Program Studi Teknik Lingkungan, FALTL, Universitas Trisakti bertujuan menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dan keahlian teknik dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara sistematis dan terpadu, berdasarkan penguasaan ilmu di bidang kerekayasaan, perencanaan dan pengelolaan lingkungan, untuk menjamin bahwa pembangunan yang dilakukan tidak merusak lingkungan. Kurikulum yang diterapkan saat ini mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang berdasarkan Outcome based Education (OBE), yang merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh seseorang dari pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja dan pembelajaran mandiri.
SPESIFIKASI PROGRAM
Program Studi Teknik Lingkungan menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA atau MA Jurusan IPA, atau dari SMK teknik. Mahasiswa harus menyelesaikan 144 sks dengan menempuh pendidikan berskema penuh waktu selama 8 semester (4 tahun) untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST).
PROFIL PROFESIONAL MANDIRI
Lulusan Teknik Lingkungan yang mampu mengembangkan diri menjadi disainer, peneliti, akademisi pada bidang infrastruktur lingkungan, management lingkungan dan management K3 yang kompetitif serta tetap memperhatikan kerarifan lokal
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN
Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Trisakti telah menetapkan 8 (delapan) Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dijabarkan sebagai berikut:
- Mampu menerapkan prinsip dan konsep ilmu alam, matematika, ilmu teknik untuk menganalisis masalah teknik lingkungan.
- Mampu mempertimbangkan aspek-aspek budaya, ekonomi, sosial, dan ekologi untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan.
- Mampu menerapkan prinsip dan konsep infrastruktur lingkungan; manajemen lingkungan; manajemen kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (HSE); dan manajemen limbah berbahaya untuk menganalisis masalah teknik lingkungan.
- Mampu mendesain penelitian laboratorium dan lapangan untuk memperkuat penilaian teknis.
- Mampu mendesain infrastruktur lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya.
- Mampu menyusun perencanaan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan (air, tanah, dan udara) menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi.
- Mampu berkomunikasi secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dengan tanggung jawab profesional dan etis.
- Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat.
Capaian Pembelajaran berdasarkan KKNI sebagai berikut :
Capaian Pembelajaran Pengetahuan
- konsep teoretis sains alam, ilmu lingkungan, dan aplikasi matematika rekayasa secara umum;
- konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan yaitu proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan;
- prinsip, metodologi dan teknik perancangan sistem pengelolaan lingkungan dengan pendekatan sistem secara terintegrasi;
- konsep dan prinsip pelestarian lingkungan;
- konsep dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium dan di lapangan;
- prinsip dan isu terkini dalam ekonomi dan social budaya secara umum;
- konsep umum, prinsip dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik; dan
- wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa lingkungan
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
- mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
- mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Capaian Pembelajaran Khusus
- mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi model rekayasa lingkungan;
- mampu menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan, minimal pada aspek proteksi masyarakat dari lingkungan hidup yang berbahaya, proteksi lingkungan, pelestarian lingkungan, atau pemulihan lingkungan; berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik dan kelestarian lingkungan, meliputi kemampuan :
- mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis dan menemukan sumber masalah rekayasa lingkungan;
- mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan;
- merancang dan mengoperasionalkan sistem dan proses pengelolaan lingkungan, pengelolaan lingkungan (meliputi pengelolaan air minum, air limbah, persampahan, drainase permukiman, sistem pengendalian limbah cair, padat dan gas, pengendalian pencemaran udara) sesuai standar teknis keandalan, kemudahan penerapan, dan keberlanjutan;
- memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa yang paling sesuai, efektif dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa lingkungan.
- mampu menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia dalam melaksanakan pekerjaan; dan
- mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah.
Capaian Pembelajaran Sikap
- bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
- menjadi pribadi yang taqwa, tekun, terampil
- menjadi pribadi yang mempunyai sifat asah, asih, asuh dalam pergaulan masyarakat Universitas Trisakti;
- menjadi pribadi yang satria, setia, sportif dalam bermasyarakat.
Nama Mata Kuliah | Bobot (SKS) |
MATA KULIAH DASAR UMUM | |
Pendidikan Agama | 2 |
Kewarganegaraan, KADEHAM | 2 |
Pendidikan Pancasila | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 |
Bahasa Inggris | 3 |
Kewirausahaan (Entrepreneurship) | 2 |
Jumlah SKS | 13 (9,03%) |
MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU DASAR | |
Konsep Teknologi | 2 |
Manajemen Proyek | 2 |
Metode Penelitian | 2 |
Perencanaan Kota | 2 |
Statistik Teknik Lingkungan | 2 |
Kalkulus I | 3 |
Kalkulus II | 3 |
Fisika Dasar I | 3 |
Fisika Dasar II | 2 |
Kimia Dasar I | 2 |
Kimia Dasar II | 3 |
Mikrobiologi Lingkungan | 3 |
Laboratorium Lingkungan I | 3 |
Laboratorium Lingkungan II | 3 |
Matematika Rekayasa | 3 |
Lingkungan dan Energi | 3 |
Menggambar Teknik | 3 |
Mekanika Teknik | 3 |
Kimia Teknik Lingkungan | 2 |
Perpetaan dan GIS | 2 |
Jumlah SKS | 49 (36,81%) |
ILMU TEKNIK DAN REKAYASA DESAIN | |
Pengantar Teknik Lingkungan | 2 |
Mekanika Fluida Teknik Lingkungan | 4 |
Epidemiologi & Kesehatan Lingkungan | 2 |
Satuan Operasi | 3 |
Satuan Proses | 3 |
Pengetahuan Struktur | 3 |
Plambing | 2 |
Sistem Penyediaan Air Minum | 3 |
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum | 4 |
Sistem Penyaluran Air Limbah dan Drainase | 3 |
Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah | 4 |
Pengolahan Buangan Industri | 3 |
Pengelolaan Sampah | 3 |
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun | 3 |
Pengelolaan Kualitas Lingkungan | 3 |
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan | 3 |
Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja | 2 |
Praktik Kerja Profesi | 2 |
Tugas Akhir 1 | 2 |
Tugas Akhir 2 | 4 |
Teknik Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah | 3 |
Pencemaran Udara | 3 |
Teknik Pengendalian Pencemaran Udara | 2 |
Pengelolaan Sumberdaya Air | 3 |
Perencanaan Sistem Lingkungan Perkotaan | 2 |
Pilihan Bebas | 6 |
Pilihan Khusus | 4 |
Jumlah SKS | 80 (54,17%) |
Mata Kuliah Pilihan
Nama Mata Kuliah | Bobot ( sks ) |
Pilihan Khusus (4 SKS) : | |
A. PENGELOLAAN LINGKUNGAN PERKOTAAN | |
Energi Baru dan Terbarukan | 2 |
Konservasi Lingkungan | 2 |
B. VALUASI LINGKUNGAN | |
Ekonomi Lingkungan | 2 |
Audit Lingkungan | 2 |
C. BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN | |
Teknik Remediasi | 2 |
Bioteknologi | 2 |
Pilihan Bebas (6 SKS) : | |
Hukum Lingkungan | 2 |
Pengolahan Lumpur | 2 |
Produksi Bersih | 2 |
Pengelolaan Sumber Daya Tanah | 2 |
Pemodelan Teknik Lingkungan | 2 |
Kuliah Kerja Lapangan | 2 |
Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknik Terapan | 2 |
Peralatan Laboratorium dan Metode Analisis | 2 |
Pengendalian Bising | 2 |
Ekodrainase | 2 |
Mata Kuliah Pengendali Mutu
No. | Mata Kuliah Pengendali Mutu | Jumlah sks |
1 | Lingkungan dan Energi | 3 |
2 | Pengelolaan Sampah | 3 |
3 | Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) | 3 |
4 | Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum | 4 |
5 | Sistem Penyaluran Air limbah (SPAL) / Drainase | 3 |
6 | Teknik Pengolahan & Pemrosesan Akhir Sampah | 3 |
7 | Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah | 4 |
8 | Pengelolaan Kualitas Lingkungan | 3 |
9 | Pencemaran Udara | 3 |
10 | Analisis Mengenai Dampak Lingkungan | 3 |